Laman

Kamis, 13 Juni 2013

Cara Mudah Membuat EM-4 (Effective Microorgasims-4)

TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH : NILAI DAN ETIKA LINGKUNGAN

NAMA :  DEBY UTAMI SISKA ARIANI
NPM    :  12.13101.11.05
EMAIL :  usa.dbee@gmail.com
ALAMAT BLOG :  www.debyuta.blogspot.com


Tugas pembuatan Effective Microorganisms 4 (EM-4)


APA ITU EM 4... ??
Waahh... setelah mengikuti mata kuliah “Etika dan Nilai Lingkungan” tgl 24 Mei 2013 kemarin, saya mulai cari-cari info tentang EM-4. Apa sih EM4 itu? Sampe-sampe kami diberi tugas untuk mencoba membuatnya. Setelah saya menelusuri google, akhirnya saya sudah mendapatkan beberapa artikel maupun tulisan-tulisan mengenai EM-4 ini, dan ternyata saya sangat tertarik untuk mencobanya. Alhamdulillah, saya berhasil.. ;) Mau tau cara yang sangat mudah membuat EM-4 ini..!! eitt... nanti dulu, sebelum mencoba membuat cairan ajaib ini, ada baiknya kita mengetahui “Apa itu EM-4?” 
EM-4 merupakan suatu cairan berwarna kecoklatan dan beraroma manis asam(segar) yang di dalamnya berisi campuran beberapa mikroorganisme hidup yang menguntungkan bagi proses penyerapan/persediaan unsur hra dalam tanah. Kegunaannya banyak sekali, tidak hanya untuk pertanian saja, tapi bisa juga untuk keperluan rumah tangga, sebut saja.. untuk WC yang bau, kandang ayam yang bau, kandang kelinci, kambing, darah ikan/ayam, di mana-mana yang bau..got, tempat jual ayam dll

Pada tahun 1980-an, Prof. Dr. Teruo Higa dari University of The Ryukus, Okinawa, Jepang telah mengadakan penelitian terhadap sekelompok mikroorganisme yang dengan efektif dapat bermanfaat dalam memperbaiki kondisi tanah, menekan pertumbuhan mikroba yang menimbulkan penyakit dan memperbaiki efisiensi penggunaan bahan organik oleh tanaman. Kelompok mikroorganisme tersebut disebut dengan Effective Microorganisms yang disingkat EM.

Teknologi EM dikembangkan untuk menunjang pembangunan pertanian ramah lingkungan, menekan penggunaan pupuk kimia dan pestisida dengan sistem alami yang akhirnya dapat meningkatkan produktivitas tanah, mengurangi biaya produksi dan menghasilkan bahan pangan yang bebas bahan kimia sehingga bersih dan sehat untuk di konsumsi.

Teknologi EM yang sudah mulai akrab dengan masyarakat adalah Effective Microorganisms-4 biasa disingkat EM-4 adalah suatu kultur campuran beberapa mikroorganisme yang dapat digunakan sebagai inokulan mikroba yang berfungsi sebagai alat pengendali biologis. Mikroorganisme tersebut berfungsi dalam lingkungan hidup tanaman sebagai penekan dan pengendali perkembangan hama dan penyakit.
EM-4 mengandung beberapa mikroorganisme utama yaitu bakteri fotosintetik, bakteri asam laktat, Ragi ( yeast ), Actinomycetes dan jamur fermentasi.

1.    Bakteri Fotosintetik ( Rhodopseudomonas sp. )
Bakteri ini adalah mikroorganisme mandiri dan swasembada. Bakteri ini membentuk senyawa-senyawa bermanfaat dari sekresi akar tumbuhan, bahan organik dan gas-gas berbahaya dengan sinar matahari dan panas bumi sebagai sumber energi. Zat-zat bermanfaat yang terbentuk anatara lain, asam amino asam nukleik, zat bioaktif dan gula yang semuanya berfungsi mempercepat pertumbuhan
Hasil metabolisme ini dapat langsung diserap tanaman dan berfungsi sebagai substrat bagi mikroorganisme lain sehingga jumlahnya terus bertambah
2.    Bakteri asam laktat ( Lactobacillus spp. )
Dapat mengakibatkan kemandulan ( sterilizer) oleh karena itu bakteri ini dapat menekan pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan; meningkatkan percepatan perombakan bahan organik; menghancurkan bahan organik seperti lignin dan selulosa serta memfermentasikannya tanpa menimbulkan senyawa beracun yang ditimbulkan dari pembusukan bahan organik Bakteri ini dapat menekan pertumbuhan fusarium, yaitu mikroorganime merugikan yang menimbukan penyakit pada lahan/ tanaman yang terus menerus ditanami.
3.    Ragi / Yeast ( Saccharomyces spp. )
Melalui proses fermentasi, ragi menghasilkan senyawa-senyawa bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman dari asam amino dan gula yang dikeluarkan oleh bakteri fotosintetik atau bahan organik dan akar-akar tanaman. Ragi juga menghasilkan zat-zat bioaktif seperti hormon dan enzim untuk meningkatkan jumlah sel aktif dan perkembangan akar. Sekresi Ragi adalah substrat yang baik bakteri asam laktat dan Actinomycetes.
4.    Actinomycetes
Actinomycetes menghasilkan zat-zat anti mikroba dari asam amino yang dihasilkan bakteri fotosintetik. Zat-zat anti mikroba ini menekan pertumbuhan jamur dan bakteri.
Actinomycetes hidup berdampingan dengan bakteri fotosintetik bersama-sama menongkatkan mutu lingkungan tanah dengan cara meningkatkan aktivitas anti mikroba tanah.
5.    Jamur Fermentasi
Jamur fermentasi ( Aspergillus dan Penicilium ) menguraikan bahan secara cepat untuk menghasilkan alkohol, ester dan zat-zat anti mikroba. Pertumbuhan jamur ini membantu menghilangkan bau dan mencegah serbuan serangga dan ulat-ulat merugikan dengan cara menghilangkan penyediaan makanannya. 

Tiap species mikroorganisme mempunyai fungsi masing-masing tetapi yang terpenting adalah bakteri fotosintetik yang menjadi pelaksana kegiatan EM-4 terpenting. Bakteri ini disamping mendukung kegiatan mikroorganisme lainnya, ia juga memanfaatkan zat-zat yang dihasilkan mikroorganisme lain.

Secara umum manfaat Teknologi EM-4 dalam bidang pertanian adalah sebagai berikut :

1.    Memperbaiki sifat biologis, fisik dan kimia tanah
2.    Meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi
3.    Memfermentasi bahan organik tanah dan mempercepat dekomposisi
4. Menghasilkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian berwawasan lingkungan
5. Meningkatkan keragaman mikroba yang menguntungkan di dalam tanah.

Aplikasi Teknologi EM-4
EM-4 dikulturkan dalam bentuk medium cair berwarna coklat dalam kondisi dorman.
Pada saat disemprotkan ke dalam tanah atau tubuh tanaman (proses inokulasi) EM-4 secara aktif memfermentasikan bahan organik (sisa-sisa tanaman, pupuk hijau, pupuk kandang dll )
Hasil fermentasi dapat diserap langsung oleh perakaran tanaman, misalnya gula, alkohol, asam amino, protein, karbohidrat dan senyawa organik lainnya
Selain itu, EM-4 merangsang perkembangan mikroorganisme yang menguntungkan tanaman; melindungi tanaman dari serangan penyakit sehingga pada akhirnya dapat menyuburkan tanah, meningkatkan produktifitas tanaman dengan biaya minimal.
Selain dapat di aplikasikan untuk pertanian, EM-4 juga dapat di aplikasikan ke bidang yang lain, seperti peternakan, perikanan, maupun produk rumah tangga.

Aplikasi EM-4 Di Bidang Peternakan
 


Manfaat :
  1. Mengurangi polusi bau khususnya pada kandang ternak dan lingkungan sekitarnya.
  2. Mengurangi stres pada ternak
  3. Menyehatkan ternak
  4. Menyeimbangkan mikroorganisme di dalam perut ternak
  5. Meningkatkan nafsu makan ternak
  6. Menekan penyakit pada ternak
  7. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ternak

Aplikasi EM-4 Di Bidang Perikanan
Manfaat :
  1. Memperbaiki mutu air tambak.
  2. Menguraikan bahan-bahan sisa makanan, kotoran udang / ikan menjadi senyawa organik yang bermanfaat.
  3. Menekan serangan mikroorganisme patogen.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tambak.
  5. Menekan hama dan penyakit.





Nah... banyak banget khan manfaat-nya. Yukk.. ikut saya untuk mencoba salah satu cara membuat cairan EM-4 ini...

Langkah pertama kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, sederhana kok mudah didapat di sekitar kita.

Bahan-bahan :
-    Pepaya matang atau kulitnya 0,5 kg
-    Pisang matang atau kulitnya 0,5 kg
-    Nanas matang atau kulitnya 0,5 kg
-    Kacang panjang segar 0,25 kg
-    Kangkung air segar 0,25 kg
-    Batang pisang muda bagian dalam 1,5 kg
-    Gula pasir 1 kg
-    Air tuak dari nira / Air kelapa 0,5 liter

Cara Pembuatan :
1.    Pepaya, pisang, nanas, kacang panjang, kangkung dan batang pisang muda dihancurkan hingga ukuran menjadi agak halus. Buah harus yang sudah matang atau dapat juga digunakan kulit buah yang tidak dimakan.

2.    Setelah dihancurkan, campuran bahan tersebut dimasukkan dalam ember.


3.  Campurkan gula pasir dan tuak/air kelapa dalam ember tadi dan aduk hingga rata.

4.    Wadah ditutup rapat dan disimpan selama 7 hari

5.    Setelah 7 hari larutan yang dihasilkan dikumpulkan secara bertahap setiap hari hingga habis.
6.    Larutan tersebut disaring dan dimasukkan kedalam wadah yang tertutup rapat. 

Larutan tersebut adalah EM4 yang siap digunakan dan dapat bertahan hingga 6 bulan.
Ampas dari hasil penyaringan larutan bisa digunakan sebagai pupuk kompos.

Bagaimana..?? mudah bukan membuat EM-4 ini, daripada kita harus membeli EM-4 ini di toko seharga Rp. 25.000,00 per 1L/botol, kita bisa membuatnya dengan harga kurang dari Rp. 20.000,00 untuk ±3L EM-4. Ehmm... bisa dijadikan alternatif untuk membuka usaha nich.. 
Kalian juga bisa membuat EM-4 ini dengan bahan dan cara yang berbeda, klik aja ke alamat ini yaa,,, 
http://suplirahim1960.blogspot.com/2013/05/membuat-em4-plus-labelnya.html 
SELAMAT MENCOBA YA...


62 komentar:

  1. Pak, Apa bisa EM4 pertanian dipakai untuk fermentasi pakan ternak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah bisa mas..coba anda cari literaturnya baik artikel atau penelitian bentuk jurnal udah banyak ko mas di google

      Hapus
    2. SAYA IBU SRI HASTUTI DARI MEDAN,
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KI LANTORO DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KI LANTORO DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI LANTORO…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI LANTORO<=…
      >>>082-310-352-761<<<

      Hapus
  2. maaf pak klau untuk beli di jakarta daerah mn y pak??

    BalasHapus
  3. Kemarin saya baru beli EM4 ditoko pertanian. Harga EM4 (1 lt) di daerah saya cuma Rp 17.000.
    Nah, kalo kita membuat EM4 sendiri, menghabiskan biaya hampir Rp 20.000/ liternya , bukankah mending beli EM4 yg udah jadi?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip gan, susah cari bahan-bahannya itu wkkwwk

      Hapus
    2. diartikek ditulis: kita bisa membuatnya dengan harga kurang dari Rp. 20.000,00 untuk ±3L EM-4.
      Jadi 20.000/3 = 7000 an, betul?

      Hapus
    3. baca dulu artikelnya dengan benar supaya ilmu yg ada di dalam nya bisa kita serap baru berkomentar. .
      lain lagi ceritannya kalo mau budaya males atau praktis, ,

      Hapus
    4. aku kok bisa jadi 4 liter lebih dikit ya

      Hapus
    5. aku kok bisa jadi 4 liter lebih dikit ya

      Hapus
    6. dimana-mana kalau buat sendiri mah lebih banyak...dan ilmunya pasti beda kalau beli dan buat sendiri..

      Hapus
    7. ane buat em4 cuma modal 2 rebu. buah-buahanya sebenernya gak perlu yang bagus. ane dapet pepaya, nanas, pisang semua busuk dari sampah. tuak bisa diganti air kelapa basi, minta ditukang kelapa pasti dikasih orang dibuang kok. inti batang pisang dari kebon belakang rumah ato nyari sendiri di kebon pisang yang udah rubuh. yang dibeli cuma kangkung ama kacang panjang 2 rebu perak

      Hapus
    8. waduh murah banget 17rb... di tmpt sy 50rb untk 1 literny... jelas kalo buat sndiri atau mmperbnyk sndiri jauh lbh murah

      Hapus
  4. biaya 20 ribu kan bisa 3 liter,17rb 1liter,pilih mana ya?

    BalasHapus
  5. itu untuk em4 pertanian. untuk bikin em4 perikanan gimana ya?

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Artikel yg sangat membantu sekali dan bermanfaat... Trus dosis penggunaan'y untuk d campurkan pada pupuk kandang, berapa dosis'y mba Deby? 1cc/ltr air, apa 1 botol penuh di tuangkan pada pupuk kandang yg tlah disimpan dalam ember ? Minta pencerahan'y mba Deby... Makasih sebelum'y..

    BalasHapus
  8. saya mau nanya
    cairan yg di hasilkan di atas bukan nya alkohol ya gan
    atau alkoholnya uda di uraikan jadi apa gitu
    kan ragi memecah C6H12O6 jadi etanol
    kalo bole tau PH em4 tu brapa ya

    BalasHapus
  9. kalau aplikasi untuk hewan dosisnya berapa y mb debby??? mohon dijawab.

    BalasHapus
  10. apa bedanya EM4 dengan air lindi

    BalasHapus
  11. Kok semua komentar gak ada jawaban yak? :'(
    Kaso bapak nakkk... :D

    BalasHapus
  12. Saya pengen bikin Nutrisi untuk Hidroponik.. katanya membutuhkan EM4 ini! Namun karena saya masih awam, tau EM4 aja baru 15 menit yang lalu.. Membantu banget ni Mbak artikelnya.. Thank's.. Jadi pengen langsung bikin EM4 sendiri!

    BalasHapus
  13. kalau salah satu bahannya dihilangkan bisa berhasil tidak ?

    BalasHapus
  14. Kl buah d kulitnya hasilnya sama ga ya dengan cuma buahnya saja atau kulitnya saja dan mana yg lebih baik pakai gula putih atau gula merah. Mks ya..

    BalasHapus
  15. Koq pada panggil penulis artikel "pak" sih udah kan namanya DEBY UTAMI SISKA ARIANI
    Terimakasih Bu Deby saya baru bikin larutan EM ini tapi karena saya tinggal di pedesaan Australia jadi bahannya berbeda saya ingin bikin EM di desa asal saya di Banyuwangi maka dengan adanya artkel bermanfaat ini saya bisa beritahu teman2 di desa di kampong halaman

    BalasHapus
  16. Mantap. ... Sangat membantu...
    Makasih...

    BalasHapus
  17. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    untuk yg mau pesan hub ;
    Hp.082340955666
    pin 27C86A44
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Body glass
    - Deskripsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil origin.

    BalasHapus
  18. Numpang tanya mbak deby. Cairan yang dimasukkan Air Kelapa/tuak 0.5 Liter, trus hasilnya kok bisa jadi 3 liter? apa ditambahin air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahan2 lain (nanas, pepaya, kacang panjang, batang pisang, dll) itu juga mengandung air. dari situlah sehingga hasilnya cairan yg lebih banyak daripada air yg ditambahkan di awal.

      Hapus
  19. Numpang tanya mbak deby. Cairan yang dimasukkan Air Kelapa/tuak 0.5 Liter, trus hasilnya kok bisa jadi 3 liter? apa ditambahin air?

    BalasHapus
  20. Terimakasih...info ny sangat brguna bagi saya.

    BalasHapus
  21. klo air tuaknya diganti dengan ragi tempe bisa ga ya, mba deby?

    BalasHapus
  22. Terima kasih infonya sangat bermamfaat sekali bagi kami terutama saya baru pemula.

    BalasHapus
  23. Numpang tanya mbak Deby..
    Apakah EM4..MOL..POC itu sama???
    Soalnya dari bahan dan cara pembuatannya tidak beda jauh.
    Mohon pencerahannya..trima kasih.

    BalasHapus
  24. pertanyaan pertanyaan saudara tidak akan dibalas, soalnya artikel ini dari copas, jadi pemilik blog ini tidak akan bisa menjawab tauuuuuuuu....

    BalasHapus
  25. maf mazz
    klo gulanya bisa di ganti tetes rebu gakk....????

    BalasHapus
  26. Em4 katanya bisa menghilangkan bau kotoran ternak...nah klo em4 diminum orang apakah nanti kotoran orang itu setelah keluar bisa tdk bau juga?..trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul juragan ....kotoran kita tidak akan bau dan ini bisa dibuktikan bahkan tidak perlu kita menunggu utk BAB tapi pada saat kita mengeluarkan maaf gas kentut itupun sudah tidak berbau

      Hapus
  27. Em4 katanya bisa menghilangkan bau kotoran ternak...nah klo em4 diminum orang apakah nanti kotoran orang itu setelah keluar bisa tdk bau juga?..trim

    BalasHapus
  28. top....saya copas artikelnya. oke

    BalasHapus
  29. Agan2x mau nanya,,,klo Aplikasi em4 untuk makanan unggas(ayam&bebek) dengan difermentasi (gedebok pisang) brpa takarannya ya gan? Tlg infonya agan2x yg sudh berpengalaman memakai em4?trmksh

    BalasHapus
  30. Beartii itu setiap hari rata" berapa ml?

    BalasHapus
  31. Beartii itu setiap hari rata" berapa ml?

    BalasHapus
  32. Makasih ilmunya yang sangat bermanfaat,mudah 2 mbak mendapat ilmu yang lebih banyak dan bermanfaat Amin

    BalasHapus
  33. Makasih ilmunya yang sangat bermanfaat,mudah 2 mbak mendapat ilmu yang lebih banyak dan bermanfaat Amin

    BalasHapus
  34. Stelah dapat cairanya,lalu berapa dosis aplikasikanya.cara aplikasinya di semprot atau kocor?

    BalasHapus
  35. Stelah dapat cairanya,lalu berapa dosis aplikasikanya.cara aplikasinya di semprot atau kocor?

    BalasHapus
  36. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    BalasHapus
  37. Klw ada yg mau tanya2 lbh lanjut ttg EM4, silahkan bergabung di facebook grup organic garden. Mudah2an Pak Rinoto atw teman2 di grup tsb bs membantu. Tq

    BalasHapus
  38. EM-4 Sahabat Petani Ikan , Setelah di baca baca saya jadi tahu. Terima kasih Pak Admin

    BalasHapus
  39. thanks pengetahuannya,, saya buat jadi arsip..

    BalasHapus
  40. kalau membuat EM3 gimana caranya ?

    BalasHapus
  41. Halo semuanya, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus